STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD PADA PEMBELAJARAN PKn

Main Authors: HENDRIZAL, HENDRIZAL, ANGGRAENI, AISYAH
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pelita Bangsa Pelestari Pancasila , 2019
Subjects:
Online Access: https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/7780
https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/7780/6741
Daftar Isi:
  • Tulisan ini bermaksud mengulas urgensi penerapan strategi peta konsep padapembelajaran PKn SD untuk meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dengan tujuanmemberi wawasan kepada warga bangsa (khususnya yang berkiprah di duniapendidikan dalam pembelajaran PKn SD) untuk: memahami hakikat strategi petakonsep; memahami tahapan implementasi strategi peta konsep dalam pembelajaran PKnSD; dan mengetahui peluang implementasi strategi peta konsep pada pembelajaran PKnSD dalam meningkatkan minat belajar siswa. Pada tataran praksis, selanjutnya,diharapkan insan pendidikan dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh sebagaiacuan pendidikan dan pedoman dalam melakukan kegiatan pembelajaran PKn SD.Disarankan kepada insan pendidikan untuk pentingnya menyadari bahwa strategi petakonsep dapat dijadikan salah satu alternatif variasi dalam pelaksanaan pembelajaranPKn. Sebab, strategi peta konsep tersebut bisa diharapkan membuka peluangmeningkatkan minat dan sekaligus hasil belajar siswa.