MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MENJAGA KEUTUHAN NKRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING KELAS V SDN 138 PEKANBARU

Main Author: IRIANTY, SRIE
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pelita Bangsa Pelestari Pancasila , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5146
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5146/4824
Daftar Isi:
  • dipelajari yaitu menjaga keutuhan NKRI. Melalui bermain peran di antara siswa dalam pembelajaran ini, ternyata dapat meningkatkan hasil belajar. Siswa tidak cepat bosan, bahkan berantusias dalam pembelajaran ini. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa. Pada pra siklus hanya 33,33% siswa yang meraih ketuntasan, meningkat ketuntasan menjadi 58,33% pada siklus I dan pada siklus II sebanyak 82,31%. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan yang signifikan apabila kita menggunakan metode dan cara belajar yang tepat sehingga siswa dapat belajar dengan semangat dan meraih prestasi yang kita harapkan.