ANALISIS MASALAH –MASALAH BELAJAR YANG DI ALAMI OLEH SISWA KELAS AKSELERASI DAN UNGGULAN DI SMP NEGERI KOTA DUMAI
Main Authors: | Saam, Zulfan, Yakub, Elni |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pelita Bangsa Pelestari Pancasila
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/4583 http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/4583/4367 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis masalah-masalah belajaryang di alami oleh siswa kelas Akselerasi dan kelas Unggulan. Jenis penelitian ini adalahpenelitian deskriptif, alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sampelyang diambil menggunakan teknik sensus atau total sampel yaitu berjumlah 123 orang.Data yang terkumpul di olah dengan analisa deskriptif dalam bentuk persentase. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa masalah belajar yang di alami oleh siswa kelas Akseleraasidan Unggulan yang utama adalah Kebiasaan dan Sikap Belajar belum baik. Apabila dilihatdari butir masalahnya, maka masalah yang paling dirasakan siswa akselerasi dalam 3urutan utama adalah; tidak betah belajar selama priode waktu yang lama, dalam belajaratau mengerjakan tugas tidak tahan lama melaksanakannya.Sedangkan 3 butir masalahyang utama di alami oleh siswa kelas unggulan secara berurutan adalah; tidak maumemberikan tanggapan sewaktu pelajaran berlangsung, catatan pelajaran tidak lengkapserta buku-buku pelajaran sulit dimengerti.Secara keseluruhan siswa kelas unggulan lebihtinggi rata-rata persentase masalahnya dibandingkan dengan kelas akselerasi. Artinyasiswa kelas unggulan lebih bermasalah dalam belajar dibanding dengan kelas Akselerasi.