Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Di SMA IT Mekarjaya Garut
Main Authors: | Mulyana, Deden, Sukandar, Ahmad, Setiawan, Marwan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Book Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Publikasiku
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/8 https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/8/28 https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/8/29 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang stategi pembelajaran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di SMA IT Mekarjaya Garut. metode pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan landasan teologi Q.S An-Nahl:125, landasan filosofisnya behavior, landasan teoritisnya menggunakan teori manajemen strategi. Penelitian dilakukan di SMA IT Mekarjaya Garut. Teknik Pengumpulan Data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan: 1) Reduksi, 2) Penyajian Data (Data Reduction), 3) Penarikan kesimpulan atau verifikasi (conlusiondrawing/verification), 4) Verifikasi dan Penegasan Kesimpulan (Conclution Drawing and Verification). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Perencanaan strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam menunjukan bahwa guru Pendidikan Agama Islam menyusun terdahulu perencanaan pembelajaran mulai dari merumuskan tujuan pembelajaran, pemilihan materi ajar, dan pemilihan media pembelajaran dengan merencanakan strategi yang relevan dengan pembelajaran. 2) Pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan di SMA IT Mekarjaya Garut adalah strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran cooperative, strategi pembelajaran afektif dan strategi pembelajaran problem solving. 3.Evaluasi strategi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan ahlakul karimah peserta didik di SMA IT Mekarjaya Garut yaitu menggunakan lebih dari satu penilaian yaitu tes perbuatan (tes lisan) dan tes tertulis, 4). Kendala yang dihadapi dalam strategi pembelajaran PAI dalam meningkatkan ahlakul karimah peserta didik di SMA IT Mekarjaya Garut adalah kendala dari faktor lingkungan, siswa dan orang tua. Solusinya adalah guru harus memilki banyak cara untuk menghadapi kendala tersebut dan bekerjasama dengan kepala sekolah serta orang tua.