Manajemen Pembelajaran Pondok Santri Hari Rabu Kamis (Posaharuka) Untuk Meningkatkan Akhlak Mulia Santri

Main Authors: Rahmi, Nina, Sukandar, Ahmad, Mulyati, Mumung
Format: Article info application/pdf Book Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Publikasiku , 2022
Subjects:
Online Access: https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/6
https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/6/24
https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/6/25
ctrlnum article-6
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Manajemen Pembelajaran Pondok Santri Hari Rabu Kamis (Posaharuka) Untuk Meningkatkan Akhlak Mulia Santri</title><creator>Rahmi, Nina</creator><creator>Sukandar, Ahmad</creator><creator>Mulyati, Mumung </creator><subject lang="en-US">Manajemen Pembelajaraan</subject><subject lang="en-US">Santri</subject><subject lang="en-US">Akhlak</subject><description lang="en-US">Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya manajemen pembelajaran pondok santri hari rabu kamis (POSAHARUKA) untuk meningkatkan akhlaq santri yakni bagaimana proses belajar mengajar dapat tercapai dengan baik efektif dan efisien diperlukan manajemen yang baik dalam bekerja bersama sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi program peningkatan akhlak, mengevaluasi serta mengetahui dampak mulia melalui kegiatan Posaharuka peserta didik MA Al-Huda Kecamatan Pameungpeuk Bandung,. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan kegiatan Posaharuka dalam pelaksanaannya memiliki tujuan untuk meningkatkan akhlak mulia, menumbuhkan mental percaya diri, dan kemandirian peserta didik. 2) Pelaksanaan kegiatan Posaharuka, dengan beberapa komponen yang saling menguatkan dan berkaitan terdiri dari tujuan pembelajaran, strategi, materi, kurikulum, media, evaluasi, pembelajar, waktu, tempat, umpan balik, pendekatan, dan hasil pembelajaran. 3) Evaluasi, berkaitan dengan pengukuran manfaat atau nilai untuk memperoleh kegiatan proses yang lebih baik di masa mendatang. 4) Faktor penunjang dan penghambat dengan mendapat dukungan penuh dari kepala sekolah MA Al-Huda, sarana prasarana yang memadai dan ditunjang kurikulum.</description><publisher lang="en-US">Publikasiku</publisher><date>2022-10-10</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><type>Book:Book</type><identifier>https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/6</identifier><identifier>10.57096/edunity.v1i02.6</identifier><source lang="en-US">Edunity : Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan; Vol. 1 No. 02 (2022): Jurnal Edunity: Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan; 38-43</source><source>2964-8653</source><source>2963-3648</source><source>10.57096/edunity.v1i02</source><language>eng</language><relation>https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/6/24</relation><relation>https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/6/25</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2022 Nina Rahmi, Ahmad Sukandar, Mumung Mulyati</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0</rights><recordID>article-6</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Book:Book
Book
Journal:Journal
author Rahmi, Nina
Sukandar, Ahmad
Mulyati, Mumung
title Manajemen Pembelajaran Pondok Santri Hari Rabu Kamis (Posaharuka) Untuk Meningkatkan Akhlak Mulia Santri
publisher Publikasiku
publishDate 2022
topic Manajemen Pembelajaraan
Santri
Akhlak
url https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/6
https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/6/24
https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/6/25
contents Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya manajemen pembelajaran pondok santri hari rabu kamis (POSAHARUKA) untuk meningkatkan akhlaq santri yakni bagaimana proses belajar mengajar dapat tercapai dengan baik efektif dan efisien diperlukan manajemen yang baik dalam bekerja bersama sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi program peningkatan akhlak, mengevaluasi serta mengetahui dampak mulia melalui kegiatan Posaharuka peserta didik MA Al-Huda Kecamatan Pameungpeuk Bandung,. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan kegiatan Posaharuka dalam pelaksanaannya memiliki tujuan untuk meningkatkan akhlak mulia, menumbuhkan mental percaya diri, dan kemandirian peserta didik. 2) Pelaksanaan kegiatan Posaharuka, dengan beberapa komponen yang saling menguatkan dan berkaitan terdiri dari tujuan pembelajaran, strategi, materi, kurikulum, media, evaluasi, pembelajar, waktu, tempat, umpan balik, pendekatan, dan hasil pembelajaran. 3) Evaluasi, berkaitan dengan pengukuran manfaat atau nilai untuk memperoleh kegiatan proses yang lebih baik di masa mendatang. 4) Faktor penunjang dan penghambat dengan mendapat dukungan penuh dari kepala sekolah MA Al-Huda, sarana prasarana yang memadai dan ditunjang kurikulum.
id IOS17844.article-6
institution Publikasiku Academic Solution
institution_id 8282
institution_type library:public
library
library Publikasiku
library_id 5952
collection Edunity
repository_id 17844
subject_area Education and Related Topics/Pendidikan, Penelitian dan Topik Terkait tentang Perpustakaan
Dictionaries and Encyclopedia of Social Science/Kamus Ilmu Sosial, Ensiklopedia Ilmu Sosial
UNESCO/Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB
Computer Science Education/Pendidikan Ilmu Komputer, Pendidikan Teknik Informatika
city Susukan
province JAWA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS17844
first_indexed 2022-11-22T09:42:25Z
last_indexed 2022-11-22T09:42:25Z
recordtype dc
_version_ 1750189233120739328
score 17.538404