Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Film Pendek Berbasis Virtual Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik

Main Authors: Permana, Hara, Taufiqurrohman, Taufiqurrohman, Khaerunnisa, Khaeva, Reba, Yansen Alberth
Format: Article info application/pdf application/msword Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Publikasiku , 2022
Subjects:
Online Access: https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/2
https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/2/20
https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/2/21
ctrlnum article-2
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Film Pendek Berbasis Virtual Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik</title><creator>Permana, Hara</creator><creator>Taufiqurrohman, Taufiqurrohman</creator><creator>Khaerunnisa, Khaeva</creator><creator>Reba, Yansen Alberth </creator><subject lang="en-US">percaya diri</subject><subject lang="en-US">bimbingan kelompok</subject><subject lang="en-US">film pendek</subject><description lang="en-US">Dalam kehidupan, rasa percaya diri sangat penting dimiliki oleh setiap individu. Karna dengan rasa percaya diri, individu mampu melakukan sesuatu dengan baik, terutama pelajar yang masih dalam masa-masa perkembangan.Namun faktanya, dikelas VIII SMP NEGERI 1 Sumber Kabupaten Cirebon masih banyak peserta didik yang memiliki rasa kepercayaan diri yang rendah. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil wawancara kepada guru BK SMP NEGERI 1 Sumber. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan media film pendek berbasis virtual terhadap kepercayaan diri peserta didik kelas VIII SMP NEGERI 1 Sumber. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain True Eksperimen dan pola desain Pretest-Pottest Control Group Design. Teknik pengumpulan data digunakan adalah angket kepercayaan diri. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis deksriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian ini didapatkan nilai Sig (92failed) dari uji independent simple t test sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata sikap kepercayaan diri peserta didik antara kelompok eksperimen (117,27) dan kelompok kontrol (90,87).&#xA0;</description><publisher lang="en-US">Publikasiku</publisher><date>2022-09-10</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/msword</type><identifier>https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/2</identifier><identifier>10.57096/edunity.v1i01.2</identifier><source lang="en-US">Edunity : Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan; Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Edunity: Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan; 1-8</source><source>2964-8653</source><source>2963-3648</source><source>10.57096/edunity.v1i01</source><language>eng</language><relation>https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/2/20</relation><relation>https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/2/21</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2022 Hara Permana</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0</rights><recordID>article-2</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
File:application/msword
Journal:Journal
author Permana, Hara
Taufiqurrohman, Taufiqurrohman
Khaerunnisa, Khaeva
Reba, Yansen Alberth
title Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Film Pendek Berbasis Virtual Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik
publisher Publikasiku
publishDate 2022
topic percaya diri
bimbingan kelompok
film pendek
url https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/2
https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/2/20
https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/2/21
contents Dalam kehidupan, rasa percaya diri sangat penting dimiliki oleh setiap individu. Karna dengan rasa percaya diri, individu mampu melakukan sesuatu dengan baik, terutama pelajar yang masih dalam masa-masa perkembangan.Namun faktanya, dikelas VIII SMP NEGERI 1 Sumber Kabupaten Cirebon masih banyak peserta didik yang memiliki rasa kepercayaan diri yang rendah. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil wawancara kepada guru BK SMP NEGERI 1 Sumber. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan media film pendek berbasis virtual terhadap kepercayaan diri peserta didik kelas VIII SMP NEGERI 1 Sumber. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain True Eksperimen dan pola desain Pretest-Pottest Control Group Design. Teknik pengumpulan data digunakan adalah angket kepercayaan diri. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis deksriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian ini didapatkan nilai Sig (92failed) dari uji independent simple t test sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata sikap kepercayaan diri peserta didik antara kelompok eksperimen (117,27) dan kelompok kontrol (90,87).
id IOS17844.article-2
institution Publikasiku Academic Solution
institution_id 8282
institution_type library:public
library
library Publikasiku
library_id 5952
collection Edunity
repository_id 17844
subject_area Education and Related Topics/Pendidikan, Penelitian dan Topik Terkait tentang Perpustakaan
Dictionaries and Encyclopedia of Social Science/Kamus Ilmu Sosial, Ensiklopedia Ilmu Sosial
UNESCO/Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB
Computer Science Education/Pendidikan Ilmu Komputer, Pendidikan Teknik Informatika
city Susukan
province JAWA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS17844
first_indexed 2022-11-22T09:42:25Z
last_indexed 2022-11-22T09:42:25Z
recordtype dc
_version_ 1750189233109204992
score 17.538404