Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X MA Putri DDI Mangkoso Kabupaten Barru
Main Authors: | Syamsul, Nurfadilah, Rivai, Mantasiah, Ulum, Fatkhul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Makassar
, 2021
|
Online Access: |
https://ojs.unm.ac.id/Al-Fashahah/article/view/16769 https://ojs.unm.ac.id/Al-Fashahah/article/view/16769/10883 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian Quasi-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X MA Putri DDI Mangkoso Kab. Barru. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah keterampilan berbicara bahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Putri DDI Mangkoso Kab. Barru, berjumlah 107 orang siswa, adapun sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 38 siswa yang terdiri dari kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 19 orang dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 19 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan memberikan pre-test dan post-test secara lisan pada materi “Identitas Diri”. Hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung 2,706 ˃ ttabel 2,028, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick efektif dalam keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswa kelas X MA Putri DDI Mangkoso Kab. Barru.Kata Kunci: Keefektifan, Talking Stick, Keterampilan Berbicara Bahasa Arab.