KOHESI LEKSIKAL WACANA IKLAN ADVERTORIAL PADA SURAT KABAR HARIAN SUARA MERDEKA EDISI JANUARI 2022

Main Authors: Jabah, Ismi, Mulasih, Mulasih
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Peradaban , 2022
Subjects:
Online Access: https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpbsi/article/view/1197
https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpbsi/article/view/1197/801
Daftar Isi:
  • The research aims to identify, describe, and analyze the form of using lexical cohesion of advertising discourse advertorial on the daily newspaper of Suara Merdeka, January edition. This type of research uses qualitative research with descriptive methods. The subject of this research was a form of lexical cohesion of advertorial squared advertising discourse and the object of this research was a independent newspaper of Suara Merdeka edition January 2022. Data collection techniques are reading technique and recording technique the shape of lexical cohesion of advertorial advertising discourse on daily newspaper of Suara Merdeka edition January 2022. The results of this study prove that the form of lexical cohesion of advertising discourse advertorial in the form of reps, synonyms, antonyms, and hyponyms.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menganalisis bentuk penggunaan kohesi leksikal wacana iklan advertorial pada surat kabar harian Suara Merdeka edisi Januari 2022. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah bentuk kohesi leksikal wacana iklan advertorial dan objek penelitian ini adalah surat kabar harian Suara Merdeka edisi Januari 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni teknik membaca dan mencatat bentuk kohesi leksikal wacana iklan advertorial pada surat kabar harian Suara Merdeka edisi Januari 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya bentuk kohesi leksikal wacana iklan advertorial berupa repetisi, sinonim, antonim, dan hiponimi.