MODEL JIGSAW DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Main Authors: | Purwandari, Dessy Ayu; PGSD, Muncarno, Muncarno; PGSD, Mugiaidi, Mugiadi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Pedagogi
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/8668 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/8668/5382 |
Daftar Isi:
- The aims of this research were to increase the activities and the result of study by implementation of cooperative learning model type jigsaw with picture media. The method of the research was Classroom Action Reserach. The instrument of data collection used observation sheet and test. Technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result showed that the student activity in cycle I 59,85 (active enough) and cycle II 77,71 (active). The result study of the cognitivie in cycle I74,29 (good) and cycle II 78,21 (good).Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dengan media gambar. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes.Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas siswa siklus I sebesar 59,85 (cukup aktif) dan siklus II sebesar 77,71 (aktif). Sementara rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 74,29 (baik)dan siklus II sebesar 78,21 (baik).Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, media gambar, jigsaw