PENERAPAN MAPPING DALAM MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Asta. S. N, Antonina Meilani, Muncarno, Muncarno; PGSD, Sarengat, Sarengat; PGSD |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Pedagogi
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/8459 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/8459/5213 |
Daftar Isi:
- The purpose of the research was to increase learning result by implementing mapping in inquiry learning model. The research method was classroom action research with each cycle step, were planning, implementation, observation, and reflection. Data collecting tools used observation, sheet and test. Data analysis technique used qualitative and quantitative analysis. Research result indicated that mapping implementation in inquiry learning model can increase Elementary School student’s learning result.Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan mapping dalam model pembelajaran inkuiri. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan mapping dalam model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata kunci: hasil belajar, mapping, model pembelajaran inkuiri