Perbedaan Hasil Belajar Setelah Diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

Main Authors: Yuniarti, Hana, Herpratiwi, Herpratiwi, Sugiman, Sugiman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pedagogi , 2018
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16431
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16431/pdf
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/downloadSuppFile/16431/2708
Daftar Isi:
  • The problem of this research was the low result of integrated thematic. The study aims to find out the difference of Cooperative Learning type Make a Match on students result. The method of this research was preexperimental research which the design used was one grup pretest posttest design. The sample of this research was the fifth grade of SD N 3 Kartaraharja that consisted of 20 students. The sample is selected by using random sampling techniques. Data collection techniques are test. Based on the results of data analysis by t-test. The result of data analysis by using t-test showed that there is difference of implementation Cooperative Learning on students. The result showed that there was an increase between the pre-test (59,25) and the post-test (74,75). The difference between the pre-test and the post-test was statistically significant (0,00<0,05). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 3 Kartaraharja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah pre experimental designs dengan desain penelitian one group pretest posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji-T.Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada perbedaan penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan antara pre-test (59,25) dan post-test (74,75). Perbedaan antara pre-test dan post-test secara signifikan melalui statistik adalah (0,00<0,05). Kata kunci: pembelajaran kooperatif, make a match, hasil belajar.