Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013

Main Authors: Putri, Disna Mey, Riswandi, Riswandi, Surahman, Maman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pedagogi , 2018
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16236
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16236/pdf
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/downloadSuppFile/16236/2632
Daftar Isi:
  • This study aims to describe the principal's leadership in implementing the 2013 curriculum in SD Negeri 1 Pelita, with the focus of research (1) Change Management; (2) School Culture; and (3) Leadership of Learning. The research method used is qualitative approach. Techniques of collecting data through interviews, observation, and documentation. Sources of research data are principals and educators Data analysis techniques ie Data collection; Data reduction; Presentation of data; The process of drawing conclusions. Result of research: Change management; school culture; and learning leadership.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimpelementasikan kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Pelita, dengan fokus penelitian (1) Manajemen Perubahan; (2) Budaya Sekolah; dan (3) Kepemimpinan Pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif . Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah dan pendidik.. Teknik analisa data yaitu Pengumpulan data; Reduksi data; Penyajian data; Proses penarik kesimpulan. Hasil penelitian: Manajemen perubahan; budaya sekolah; dan kepemimpinan pembelajaran. Kata kunci: kepala sekolah, kurikulum, implementasi.