Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar IPS SD

Main Authors: Puspito, Winu Galih, H., Yulina, Sudirman, A.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pedagogi , 2018
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16205
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16205/pdf
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/downloadSuppFile/16205/2624
Daftar Isi:
  • The problem in this research is the low of Social sciences learning result of grade V student of SD Negeri 2 Metro Selatan. The purpose of this research was to know the influence of cooperative learning model type TAI to the result of V class student Social sciences. The type of the research was experiment research. The design used in this research was non-equivalent control group design. The popula-tion in this research amounted to 38 student of grade 5. The determination of research sample used saturated sample. Data collection tools used cognitive tests. The data analysis was used independent sample t-test. The learning results of this research was limited only to the cognitive domain. The result showed that there was a significant influence on the application of cooperative learning model TAI tipe to the students' Social sciences learning outcomes.Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Metro Selatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 38 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan sample jenuh. Alat pengumpul data menggunakan tes kognitif. Analisis data uji statistik independent sample t-test. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar IPS siswa.Kata kunci: hasil belajar, IPS, TAI.