Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Saintifik pada Subtema 3 Kebiasaan Makanku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Main Authors: Wulandari, Tri, Ertikanto, Chandra, Sabdaningtyas, Lilik
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pedagogi , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14095
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14095/pdf
Daftar Isi:
  • This study aimed to describe the prevalence, effectiveness of the use of teaching materials developed, and find out the difference of student learning outcomes using teaching materials with those who do not use the developed teaching materials. This research method used Research and Development (R & D) with the population of 184 students. Sampling was done by purposive sampling technique of 60 students divided into control and experiment group. This Research was done in SD Negeri 7 North Metro. Data were analyzed using N-Gain test, and t-independent test. The result of the research showed that the realization of valid scientific based thematic teaching materials, effective teaching materials used to improve learning outcomes with N-Gain increase of 0.37 medium category, and there are differences in the results of fourth grade students. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, efektivitas penggunaan bahan ajar yang dikembangkan, dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar dengan yang tidak menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan populasi penelitian sebanyak 184 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 60 siswa yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan eksperimen. Tempat penelitian di SD Negeri 7 Metro Utara. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain, dan uji t-independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terwujudnya bahan ajar tematik berbasis saintifik yang valid, bahan ajar yang efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dengan peningkatan N-Gain sebesar 0,37 kategori sedang, dan ada perbedaan hasil belajar siswa kelas IV SD.Kata kunci:bahan ajar, tematik, saintifik