Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Matematika SD

Main Authors: Rahma, Firda Widya, Sulistiasih, Sulistiasih, Sarengat, Sarengat
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pedagogi , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13436
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13436/pdf
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/downloadSuppFile/13436/2030
Daftar Isi:
  • The purpose of this research was to find the relation of a significant and positive between emotional intelligence with student’s mathematics achievement V grade student of SD Negeri 4 Central Metro. The population in this research was to 56 student of grade 5. This research used non probability sample, because total population was under 100 people. The type of the research was quantitative, while the research method was ex-postfacto correlation. The data are collected using questionnaire and test question learning achievement. The data was analyzed used Product Moment Correlation and t-test. The result showed that there was a significant and positive correlation between emotional intelligence for student’s mathematics achievement with tcount 26,12 > ttable 2,000. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan dan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Pusat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh, karena jumlah sampel dibawah 100. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, sedangkan metode penelitian, yaitu ex-postfacto korelasi. Alat pengumpul data berupa angket dan soal tes prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika dengan thitung 26,12 > ttabel 2,000 . Kata kunci: kecerdasan emosional, prestasi, matematika.