Penerapan Model Kooperatif Tipe TSTS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS

Main Authors: Ardhani, Yitzhak Prasetya, Siswantoro, Siswatoro, Mugiadi, Mugiadi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pedagogi , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13412
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13412/pdf
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/downloadSuppFile/13412/2025
Daftar Isi:
  • This study aims to improve student activity and learning outcomes in IPS subjects by applying cooperative learning type Two Stay Two Stray (TSTS). This type of research was classroom action reseach. Data collection was done through observation sheets and test was to measure teacher performance, activities and student learning outcomes. The collected data then analyzed by using qualitative and quantitative analysis. The results showed that there was an increase in activity and learning outcomes in cycle I with good category and experienced improvement in cycle II with very good category. After students apply cooperative learning model type Two Stay Two Stray (TSTS)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray(TSTS).Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action reseach).Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, menggunakan lembar observasi dan soal tes untuk mengukur kinerja guru, aktivitas dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitaif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada aktivitas dan hasilbelajar pada siklus I dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan kategori sangat baik. setelah siswa menerapkan model pembelajaraan kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, IPS, model kooperatif tipe TSTS.