Pengaruh Penerapan Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa

Main Authors: Hera, Made Melsa Helma, Muncarno, Muncarno, Sulistiasih, Sulistiasih
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pedagogi , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12775
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12775/pdf_33
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/downloadSuppFile/12775/1904
Daftar Isi:
  • The purpose of this research is to find positive influence and significant on the active learning strategy type crossword puzzle of civic education. The kind of research this is research experiment. Design research used non-equivalent control group design. Technique the data collection was done to technique test and quesitioner. The data analysis using studen’t (t-test) with the program microsoft office excel 2013. The research show there was positive and significant effect implementation of active learning strategy type crossword puzzle of the results of students' civic education IV grade students of SDN 3 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle terhadap hasil belajar PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Analis data menggunakan student’t (t-test) dengan menggunakan microsoft office excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle terhadap hasil belajar PKn siswa SDN 3 Metro Pusat.Kata kunci: crossword puzzle, hasil belajar