Pengembangan LKS Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Main Authors: | Pramesta, Sella, Ambarita, Alben, Darsono, Darsono |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Pedagogi
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12729 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12729/pdf_28 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/downloadSuppFile/12729/1895 |
Daftar Isi:
- This research and development aims to develop LKS teaching materials, analyze the attractiveness of LKS, and analyze the effectiveness of LKS based on contextual teaching and learning to improve learning outcomes and critical thinking skills. This type of research is research and development (R & D) which refers to Borg & Gall's theory. The study population was 123 fourth graders of elementary school in Punggur subdistrict and sample of 43 students obtained by purposive sampling technique. Data were collected using observation sheets for critical thinking skills, questionnaires for attractiveness, and test questions for effectiveness tests with n-gain and t test. The results of this study indicate that LKS developed can be used in learning, LKS interesting for students seen from positive student response, and LKS effectively improve students' critical thinking ability.Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar LKS, menganalisis kemenarikan LKS, dan menganalisis efektivitas LKS berbasis contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang merujuk pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian adalah 123 siswa kelas IV SD di Kecamatan Punggur dan sampel 43 siswa yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk kemampuan berpikir kritis, angket untuk kemenarikan, serta soal tes untuk uji efektivitas dengan n-gain dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran, LKS menarik bagi siswa dilihat dari respon siswa yang positif, dan LKS efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.Kata kunci: lembar kerja siswa (LKS), contextual teaching and learning (CTL), kemampuan berpikir kritis.