HUBUNGAN BIMBINGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS

Main Authors: Sari, Febry Helvita; PGSD, Usman, Tambat; PGSD, Wahab, Nazaruddin; PGSD
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pedagogi , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/10847
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/10847/7593
Daftar Isi:
  • The problem in this research was the low achievement and the lack of social studies of student tutoring at home in the fifth grade students of SD Negeri 1 Bandar Lampung Kalibalau Kencana Academic Year 2015/2016. The purpose of this research was to determine the relationship between the family counseling with a social studies student achievement. This type of research used in this study was a correlation study. The population in this study were all students. The sampling technique used was total sampling. With as many as 45 students. Data collection techniques in this study were using observations, questionnaires, and documentation. The results of data analysis showed that (1) the relationship between family counseling and academic achievement of IPS student with a correlation coefficient of 0.652, (2) there is a close relationship between family counseling and academic achievement of IPS with a correlation coefficient of 0.652 which is greater than r tabel whichb is 0.301.Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS siswa dan kurangnya bimbingan belajar di rumah pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kalibalau Kencana Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan keluarga dengan prestasi belajar IPS siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Sehingga, sampel penelitian ini adalah sebanyak 45 siswa yang merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) adanya hubungan antara bimbingan keluarga dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,652, (2) terdapat hubungan yang erat antara bimbingan keluarga dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,652 lebih besar daripada rtabel yaitu 0,301.Kata kunci: bimbingan, keluarga, dan prestasi belajar IPS.