PENIGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF BELAJAR ANAK MELALUI FLIP CHART

Main Author: Hutami, Eka Poppi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhamamdiyah Palopo , 2022
Online Access: https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/panrita/article/view/173
https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/panrita/article/view/173/100
https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/panrita/article/view/173/101
Daftar Isi:
  • This study aims to determine how to increase the learning ability of children in the B3 group Raudhatul Athfal Addariyah DDI Palopo City. The type of research used is Classroom Action Research, with two cycles, namely the first cycle consisting of 3 meetings and the second cycle consisting of 3 meetings. The subjects of this study were the children of Group B1 Raudhatul Athfal Addariyah DDI Palopo for the academic year 2020/2021, totaling 24 children, consisting of 9 boys and 15 girls. The problem-solving method used is to apply the teaching and learning process by using flip charts to improve children's cognitive learning abilities obtained from observation interviews and documentation. The data of this study were analyzed descriptively and qualitatively. The success of this study is determined by the child getting a score. The results of this study indicate an increase in children's learning outcomes. The average score in the initial or pre-action conditions is 32% of all indicators and does not meet the good category. Cycle I with an average observation score of 62% of all indicators and has not met the good category. Cycle II with an average score of 92% overall from all indicators and reached good category. Thus, classroom action research (CAR) is said to be successful, so the research recommends learning using flip charts to improve the cognitive learning abilities of children in group B1 Raudhatul Athfal Addariyah DDI Palopo
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan belajar anak di kelompok B3 Raudhatul Athfal Addariyah DDI Kota Palopo. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan dua siklus yaitu siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus  II terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah anak Kelompok B1 Raudhatul Athfal Addariyah DDI Palopo Tahun ajaran 2020/2021, yang berjumlah 24 orang anak, yang teridiri dari 9 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Metode pemecahan masalah digunakan yaitu menerapkan proses belajar mengajar degan menggunakan flip chart untuk meningkatkan kemampuan kognitif belajar anak yang  diperoleh dari wawancara observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif  kualitatif. Keberhasilan penelitian ini ditentukan dengan anak mendapatkan skor Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar anak. Skor rata pada kondisi awal atau pra tindakan sebesar 32% dari semua jumlah indikator dan belum memenuhi berkategori baik. Siklus I dengan rata-rata skor observasi sebesar 62%  dari semua jumlah indikator dan belum memenuhi berkategori baik. Siklus II dengan rata-rata skor 92% secara keseluruhan dari semua jumlah indikator dan  mencapai berkategori baik. Dengan demikian penelitian tindakan kelas (PTK) ini dikatakan berhasil sehingga penelitian merekomendasikan pembelajaran menggunakan  flip chart dapat meningkatkan kemampuan kognitif belajar anak di kelompok B1 Raudhatul Athfal Addariyah DDI Palopo.