PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BACAAN BAHASA JERMAN DENGAN TEKNIK SCANNING READING

Main Author: Haslinda, Haslinda
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhamamdiyah Palopo , 2021
Online Access: https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/panrita/article/view/142
https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/panrita/article/view/142/71
Daftar Isi:
  • The problem of this research is about the low ability to understand German reading texts. It aims to find out the results of increasing the ability to understand German reading texts with scanning reading techniques at SMA Negeri 10 Makassar. This research is classified into classroom action research. Data collection techniques were obtained through observation, documentation analysis, and the reflection stage. The results showed that the scanning reading technique could improve the ability to understand German reading texts for class XI IPA 1 SMA Negeri 10 Makassar. In the first cycle, it was found that 32 (80%) students had reading speed using scanning reading techniques with low qualifications, while 8 (20%) students had moderate reading skills. At the level of understanding in the medium category are as many as 31 (77.5%) students and the level of understanding in the high category are as many as 9 (22.5%) students. In the second cycle, it was found that all students, as many as 40 (100%) students were declared successful in reading with the scanning reading technique with moderate qualifications. Meanwhile, the level of understanding in the very high category was 6 (15%) students and those with the high category were 34 (85%) students and none of the students had a very low level of understanding. This means that the level of understanding German texts with the scanning reading technique of class XI IPA 1 SMA Negeri 10 students in cycle II is declared successful
  • Masalah penelitian ini tentang rendahnya kemampuan memahami teks bacaan bahasa jerman. Hal ini bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan memahami teks bacaan bahasa Jerman dengan teknik scanning reading di SMA Negeri 10 Makassar. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui hasil observasi, analisis dokumentasi, serta tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik scanning reading dapat meningkatkan kemampuan memahami teks bacaan bahasa Jerman siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 10 Makassar. Pada siklus I diketahui bahwa siswa yang memiliki kecepatan membaca dengan teknik scanning reading dengan kualifikasi rendah sebanyak 32 (80%) siswa sedangkan siswa yang memiliki kemampuan membaca dengan kualifikasi sedang sebanyak 8 (20%) siswa. Pada Tingkat pemahaman dengan kategori sedang adalah sebanyak adalah sebanyak 31 (77,5%) siswa dan tingkat pemahaman dengan kategori tinggi adalah sebanyak 9 (22,5%) siswa. Pada siklus II diketahui bahwa semua siswa yaitu sebanyak 40 (100%) siswa dinyatakan berhasil membaca dengan teknik scanning reading dengan kualifikasi sedang. Sedangkan tingkat pemahaman dengan kategori sangat tinggi adalah sebanyak 6 (15%) siswa dan yang memiliki kategori tinggi adalah sebanyak 34 (85%) siswa dan tidak ada satupun siswa yang memiliki tingkat pemahaan dengan kategori sangat rendah. Artinya Tingkat memahami teks bahasa Jerman dengan teknik scanning reading siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 10 pada siklus II dinyatakan berhasil.