UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI TK MIFTAHUL KHAIR
Main Author: | Hamsiani, Hamsiani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhamamdiyah Palopo
, 2020
|
Online Access: |
https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/panrita/article/view/135 https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/panrita/article/view/135/67 |
Daftar Isi:
- This research is a classroom action research which examines 13 children of TK Miftahul Khair in Limbong Village in the academic year 2020/2021 related to children's language learning through storytelling methods. The goal to be achieved is to improve children's language skills in composing sentences through the storytelling method. The method used is classroom action research with data collection using observation sheets. The collected data were analyzed using quantitative descriptive statistics. So based on the results of the overall study of 13 children, the results of children's language skills in cycle I were 63% and cycle II was 84%, so there was an increase of 21%. Based on the results of this study, it can be concluded that the storytelling method can improve children's language skills.
- Masalah penelitian ini tentang penyalahgunaan media sosial yang megakibatkan siswa tidak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menguji terhadap 13 orang anak TK Miftahul Khair Desa Limbong tahun ajaran 2020/2021 terkait dengan pembelajaran bahasa anak melalui metode bercerita. Adapun tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam menyusun kalimat melalui metode bercerita. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Maka berdasarkan pada hasil penelitian secara keseluruhan dari 13 orang anak bahwa hasil kemampuan berbahasa anak pada siklus I sebesar 63% dan siklus II sebesar 84%, jadi terdapat peningkatan 21%. Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak.