Teacher’s Perception in Exploring the Merdeka Curriculum for Early Childhood Education

Main Authors: Ellya Rakhmawati, Wiwik Kusdaryani, Suhendri, Tri Suyati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2022
Subjects:
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/55842
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/55842/25355
Daftar Isi:
  • The outbreak of the COVID-19 pandemic has shocked countries around the world and caused a global disruption to learn. As a response to controlling the outbreak, the Indonesian government took decisive action to change the face-to-face teaching and learning process to online learning. This research aims to analyze the teacher's role in exploring the Merdeka curriculum for early childhood education in kindergarten. This type of research is qualitative with a qualitative phenomenological study design. Data collection was carried out from documentation and in-depth interviews with participating teachers. Data collection instrument with a questionnaire. The data analysis technique uses descriptive qualitative analysis. The study results, namely five findings, were found from teacher participants. The teacher allows students to determine the learning theme as the learning material. In addition, teachers will create lesson plans for their daily routines and learning modules. The teacher arranges activities based on learning modules. Teachers' awareness of technology must be increased to support the learning process. In addition, parents must also accompany and look after their children while playing and study.
  • Pandemic covid-19 membuat kondisi pembelajaran di dunia menjadi berubah sehingga pemerintah mengambil tindakan tegas dalam pencegahan virus dan berdampak pada kegiatan pembelajaran di sekolah, semuala pembelajaran dilakukan secara tatap muka beralih pada learning from home. Permasalahan dalam penelitian ini ialah Bagaimana peran guru dalam mengeksplorasi pembelajaran kurikulum merdeka PAUD di TK?. Tujuannya untuk mengetahui peran guru dalam mengeksplorasi pembelajaran kurikulum merdeka PAUD di TK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi. Subyek penelitian yaitu guru TK dan orang tua siswa. Pengambilan data melalui observasi dan wawancara mendalam kepada guru TK. Analisis dokumen melalui foto dan video proses penelitian, rekaman partisipan guru dan orang tua siswa. Pengujian kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber data, teknik, dan waktu. Pembuatan verbatim melalui rekaman wawancara, reduksi data, koding, dan analisis data. Tahap analisis data berupa redaksi data, analisis data, dan deskriptif. Hasil penelitian ini ditemukan lima temuan dengan ditunjukkannya partisipan guru dalam mengeksplorasi materi pembelajaran yang diinginkan anak karena anak yang menentukan tema pembelajaran, sedangkan guru membuat RPP sebagai kegiatan keseharian, modul ajar, dan merencanakan kegiatan dengan modul ajar yang telah dibuatnya. Sarannya yakni kesadaran dan keterampilan guru dalam mengoperasionalkan perangkat teknologi. Terakhir, diperlukan pendampingan anak dari orang tua saat bermain dan belajar.