Classification Of Visitor Satisfaction at The Museum Using The Naïve Bayes Algorithm
Main Authors: | Agustin, Ayunda Dwi, Pudjiantoro, Tacbi Hendro, Sabrina, Puspita Nurul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Teknik Informatika
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://www.jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/6061 http://www.jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/6061/3924 |
Daftar Isi:
- Kepuasan ipengunjung iadalah ipengukuran iatau ijasa dengan iproduk-produk iyang iditerima.iData imining memiliki ikarakteristik iteknis, isalah isatunya iadalah klasifikasi. iTeknik iklasifikasi ijuga iterdiri idari beberapa metode iadalah iAlgoritma iNaïve iBayes Classifier. Algoritma iNaïve iBayes iClassifier merupakan isalah isatu metode iyang idigunakan idalam data imining iyang didasarkan ipada iteori ikepuasan Bayes. iPengaruh kepuasan ipengunjung, ijuga menyatakan ibahwa idengan adanya ikepuasan pengunjung iakan imenciptakan loyalitas pengunjung. Kepuasan ipengunjung ijuga imemiliki pengaruh iuntuk meningkatkan ikualitas ipelayanan iPusat Peragaan-IPTEK idikarenakan iadanya ipengujung iyang datang untuk imenggunakan ialat peraga iberulang ikali. Peragaan di Pusat Peragaan-IPTEK dibuat sangat menyenangkan dan menghibur, melalui berbagai program dan peragaan interaktif yang dapat disentuh dan dimainkan. Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dibangun dengan maksud menyadarkan masyarakat mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia secara sangat cepat. Arah perkembangan ini harus didasari agar dapat mengikuti untuk kemudian maju bersama perkembangan. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini dilakukan dengan menerapkan naïve bayes. Metode yang digunakan dengan menggunakan data latih untuk dapatkan peluang setiap kriteria untuk kelas yang berbeda, maka nilai-nilai ini kriteria dapat dioptimalkan untuk memprediksi baru kepuasan pelanggan, yaitu dengan pengujian data.