Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Jaring-Jaring Makanan Kelas V Sdn Menanggal 601 Surabaya
Main Author: | Amandhanie, Lely, 178000010 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/689/1/1.%20Halaman%20Depan.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/689/4/2.%20ABSTRAK.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/689/2/3.%20BAB%20I.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/689/3/8.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20dan%20Lampiran.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/689/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi saat ini yang mengharuskan siswa belajar dari rumah. Di masa pandemi seperti ini memerlukan model pembelajaran yang dapat memotivasi dan mengembangkan kekreatifan siswa, dengan menggunakan model project based learning dapat merangsang motivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa materi jaring-jaring makanan kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif tipe quasi eksperimen design tipe nonequivalent control group design. Populasi adalah seluruh siswa SDN Menanggal 601 Surabaya dan sampel yang digunakan adalah kelas V-A sebagai kelas kontrol dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik tes dan dokumentasi. Alat pengumpulan data dengan menggunakan google form, foto dan video. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat dan uji hipotesis yang menggunakan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil uji Independent sample T-Test menunjukkan bahwa t-hitung yang diperoleh (0,293) sedangkan ttabel yang diperoleh (3,963472) dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai t-hitung < t-tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa materi jaring-jaring makanan kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya.