Daftar Isi:
  • Media merupakan bentuk saluran penyampaian informasi untuk merangsang pemikiran, membangkitkan perhatian, semangat, serta kemauan agar siswa memperoleh informasi yang telah disampaikan. Media audio visual, yakni yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam kegiatan pembelajaran agar mudah menerima suatu pemahaman konsep. Pemahaman merupakan kemampuan seseorang yang dapat ditunjukkan dengan mengungkapkan kembali sesuatu informasi. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan pemahaman konsep keragaman rumah adat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan saintifik dengan metode penelitian eksperimen (Quasi Eksperimental Design) dengan bentuk Nonequivalent control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda yang berjumlah 24 siswa kelas IV Csebagai kelompok eksperimen dan 23 siswa kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Tes yang berupa Pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil uji t menggunakan paired samples test SPSS 23 for windows pada Pre-test dan post-test kelas eksperimen yang menggunakan perlakuan media audio visual diperoleh nilai sebesar 0,049sedangkan pada pre-test dan post-test kelas kontrol yang diperoleh nilai sebesar 0,015. Maka dapat dikatakan bahwa kedua variabel tersebut memilki nilai sig.(2-tailed) < 0,05, yang dapat di katakan H0 di tolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan pemahaman konsep keragaman rumah adat sisiwa kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda.