Penerapan Media Power Point Pada Pembelajaran Ips Materi Keanekaragaman Budaya Di Sdn Sedati Gede Ii Sidoarjo
Main Author: | Yuliani, Rista Dwi, 178000084 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/656/1/1.%20HALAMAN%20DEPAN.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/656/2/2.%20ABSTRAK.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/656/3/3.%20BAB%20I.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/656/4/8.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20dan%20LAMPIRAN_compressed.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/656/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik pada pembelajaran IPS selama pembelajaran daring. Menurunnya hasil belajar pada peserta didik disebabkan karena kurangnya pemahaman pendidik dalam menggunakan media pembelajaran yang tepat. Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar masih sering terpaku pada penjelasan pendidik sehingga menyebabkan rendahnya aktivitas peserta didik. Tujuan yang ingin dicapai peneliti pada penelitian ini ialah untuk menganalisis serta mendeskripsikan penggunaan media power point pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah pendidik dan peserta didik di kelas IV-C SDN Sedati Gede II Sidoarjo dengan jumlah 38 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Analisis data penelitian menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Media Power Point Pada Pembelajaran IPS Materi Keanekaragaman Budaya di SDN Sedati Gede II Sidoarjo pada pembelajaran IPS Tema 7 Subtema 2 materi keanekaragaman budaya rumah adat kelas IV-C SDN Sedati Gede II Sidoarjo menunjukkan hasil sangat baik. Karena hal ini dibuktikan dengan perolehan persentase 92,5% pada aktivitas pendidik, 95% pada aktivitas peserta didik, dan 89,4% pada perolehan persentase hasil belajar peserta didik.