Daftar Isi:
  • Kata Kunci: efektivitas whatsapp dan polah asuh orang tua, pembelajaran daring. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sistem pendidikan yang saat ini dihadapkan dengan situasi yang menuntut para pengajar untuk dapat menguasai media pembelajaran jarak jauh. Salah satu media pembelajaran jarak jauh yang familiar digunakan yakni media whatsapp.Harus adanya peran orang tua guna mendukung kegiatan pembelajaran daring. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini mendeskripsikan kekurangan dan kelebihan media whatsapp terhadap pembelajaran daring, mendeskripsikan keefektifan media whatsapp terhadap pembelajaran daring, mendeskripsikan keefektifan pola asuh orang tua terhadap pembelajaran daring pada siswa sekolah dasar di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dapat menggali penjelasan mengenai efektivitas whatsapp dan polah asuh orang tua terhadap pembelajaran daring pasa siswa sekolah dasar di masa pandemi covid-19. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan wawancara, angket, dan dokumentasi, wawancara ditujukan ke guru kelas 1 sampai 5 dan angket ditujukan ke orang tua siswa dan data tambahan berupa dokumentasi. Berdasarkan hasil angket mengenai efektivitas media whatsapp dalam pembelajaran daring yaitu efektifitas (sangat baik) dengan persentase 83%. Berdasarkan hasil angket mengenai efektivitas pola asuh orang tua terhadap pembelajaran daring yaitu efektivitas (sangat baik) dengan persentase 85%.