Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19
Main Author: | Ika, Hajar Nur, 178000075 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/578/1/1.%20Halaman%20Depan.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/578/2/2.%20Abstrak.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/578/3/3.%20BAB%20I.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/578/4/8.%20Daftar%20Pustaka%20%26%20Lampiran.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/578/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandemi Covid-19 yang telah mengubah pola pembelajaran yang semestinya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh atau bisa disebut daring. Terutama orang tua pada situasi ini dituntut untuk membimbing anak-anaknya dalam pembelajaran berbasis internet ini. Bagi orang tua siswa yang awam akan penggunaan teknologi menjadi tantangan tersendiri dalam membimbing anaknya dikala situasi ini. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring di era pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei yang bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring di era pandemi covid-19. Populasi dan sampel penelitian adalah orang tua dengan jumlah 100 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, angket terdiri dari 10 pertanyaan yang berisikan pertanyaan positif dan data tambahan berupa dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data persentase dengan rumusan yang telah dirumuskan sesuai dengan judul peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring di era pandemic Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari angket dengan sejumlah 100 responden akan dibuat rekapitulasi untuk mengetahui peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring di era pandemi covid-19. Dari hasil tersebut tiap alternatif jawaban dikalikan dengan skor, adapun hasil yang di peroleh maka akan di cari angka persentase dengan rumus. Berdasarkan hasil perhitungan maka diperoleh persentase dari rekapitulasi angket sebesar 70% dan berada pada kategori “Baik”. Dapat disimpulkan bahwasannya peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring di era pandemi covid-19 dapat terlaksana dengan baik.