Daftar Isi:
  • Kata kunci : Metode video,Cerita Non Fiksi. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah peserta didik yang kurang aktif dan tertarik dalam pembelajaran, sehingga secara tidak langsung akan menghambat proses pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat akan berpengaruh pada hasil pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media videocerita non fiksi terhadap hasil belajar memahami isi cerita non fiksi pada pesertadidikkelas IV SD Hang Tuah X Sedati Juanda Sidoarjo tema 5 subtema 1 pembelajaran 1. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif Deskriptif. Penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Hang Tuah X Sedati Juanda Sidoarjo. Sampel diambil dengan teknik clustersampling sehingga didapatkan kelas IV-A dan IV-B sebagai pengambilan sampel populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan teshasil belajar peserta didik. Teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa video cerita non fiksi dapat meningkatkan minat peserta didik dalam memahami isi dari cerita non fiksi. Sejalan dengan kesimpulan diatas, berdasarkan perolehan nilai hasil belajar bisa dikatakan bahwa walaupun tergolong baru, inovasi penerapan media video cerita non fiksi lebih diminati dibandingkan teks cerita non fiksi.