Penerapan Strategi Critical Incident Dalam Pembelajaran Menulis Informasi Tema 4 Materi Interaksi Sosial Di Kelas V Sd Hang Tuah X Sedati Juanda

Main Author: Larasati, Fitri Ayu, 148000013
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/540/1/1.%20Bagian%20depan.pdf
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/540/2/2.%20ABSTRAK.pdf
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/540/3/3.%20BAB%20I.pdf
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/540/4/8.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20dan%20LAMPIRAN.pdf
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/540/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Penerapan, Strategi critical insident, Menulis informasi, dan Tema 4 subtema 1 Strategi pembelajaran aktif critical incident adalah suatu strategi pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk aktif dalam belajar, sehingga mereka dapat memecahkan berbagai masalah praktis dan menerapkan apa yang mereka pelajari dengan mudah karena peserta didik melihat atau mengamati dari pengalaman mereka sendiri yang berhubungan dengan topik yang sedang dipelajari.. Salah satu yang dikembangkan di kelas 5 dan cocok untuk diterapkan Strategi Pembelajaran critical incident dalam menulis informasi pada tema 4 subtema 1. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana hasil belajar dalam pembelajaran menulis informasi tema 4 materi interaksi sosial di kelas 5 dengan penerapan strategi critical incident?” Tujuannya untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis informasi siswa pada tema 4 di kelas V SD Hang Tuah X Sedati Juanda setelah penerapan strategi critical incident. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah proses yang mencakup aktivitas peserta didik, dan hasil belajar siswa ranah pengetahuan. Sumber data yaitu peserta didik di kelas V SD Hang Tuah X Sedati Juanda yang berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan hasil persentase, dan deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan strategi pembelajaran critical incident dalam menulis informasi pada tema 4 subtema 1 peserta didik kelas V SD Hang Tuah X Sedati Juanda dikategorikan “Sangat baik”. Hal tersebut terbukti dengan melihat hasil observasi aktivitas peserta didik mencapai 81,8% yang dikategorikan B “Baik” selain itu, penilaian hasil belajar peserta didik ranah pengetahuan (kognitif) memperoleh persentase 83,9% yang dikategorikan SB “Sangat baik”.