Daftar Isi:
  • Anggraeni, Tria, Eva. 2019. Efektivitas Strategi Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Rumah. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Drs. H. Sutijono, MM Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan belajar di rumah, rendahnya kedisiplinan belajar di rumah di karenakan subjek peneliti ini sangan hobi dengan main game online. Peneliti melakukukan proses konseling individu dengan menggunakan strategi self-management. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil efektivitas strategi self-management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di rumah. Penelitian ini menggunakan rancangan metode penelitian desain subyek tunggal memfokuskan pada data individu sebagai sampel penelitian. Pada penelitian dengan disain subyek tunggal selalu dilakukan perbandingan antara fase baseline dengan sekurang kurangnya satu fase intervensi. Peneliti menggunakan desain a-b adalah dasar single subyek design (a=kondisi baseline, b= kondisi intervensi). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan memberi angket kedisiplinan belajar kepada subjek penelitian untuk mengetahui profil kedisiplinan belajar di rumah yang di maksud penelitian. peneliti memberi angket kepada subjek peneliti sebelum treatment dan sesudah treatment guna untuk mengetahui hasil intervensi dan baseline pada subjek peneliti. Jadi hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan setelah melakukan treatment. Layanan konseling individu dengan strategi self-managent dapat meningkatkan kedisiplinan belajar di rumah. Pengaruh layanan konseling individu dengan strategi self-management ini ditandai dengan adanya peningkatan kedisiplinan belajar di rumah. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan dan perbandingan antara hasil baseline dan intervensi. Kata Kunci: self-management, kedisiplinan belajar siswa di rumah