PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUKTURING KOGNIITF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII-H SMP NEGERI 48 SURABAYA
Main Author: | Dwita Nor Laili Pramudia, 155000091 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/524/1/1.%20Halaman%20Depan.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/524/2/2.%20Abstrak.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/524/3/3.%20BAB%20I.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/524/4/8.%20Daftar%20Pustaka%20%26%20Lampiran.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/524/ |
Daftar Isi:
- Pramudia, Dwita Nor Laili. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi Restrukturing kognitif dalam Konseling Kelompok terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 48 Surabaya. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing: Dra. Kusbandiami S.Psi., M.Pd. Kata Kunci: kejenuhan belajar, restrukturing kognitif, konseling kelompok Kejenuhan belajar merupakan kondisi emosional ketika seseorang siswa merasa lelah dan jenuh secara mental maupun fisik sebagai akibat tuntutan pekerjaan akademik yang meningkat. Dengan penggunaan strategi restrukturing kognitif membantu siswa untuk mengetahui penyebab kejenuhan belajar yang dialaminya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi restrukturing kognitif dalam konseling kelompok terhadap kejenuhan belajar siswa kelas VIII-H SMP Negeri 48 Surabaya. Penelitian ini menggunakan rancangan Pra-experimental One-Grup Pretest-Posttest Design. Populasi siswa kelas VIII-H SMP Negeri 48 Surabaya yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel berjumlah 5 siswa. Metode pengumpulan data adalah skala pengukuran yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas alpha cronbach. Data penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon dengan SPSS for windows 22.0. Dari hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi restrukturing kognitif dalam konseling kelompok terhadap kejenuhan belajar siswa kelas VIII-H di SMP Negeri 48 Surabaya, yang di tunjukkan melalui skor pre-test dan post-test responden. Mean variabel kejenuhan belajar siswa (pretest) sebelum treatment 45.00, sedangkan mean variabel kejenuhan belajar siswa (post-test) setelah treatment 34.60. Terjadi penurunan kejenuhan yang dialami oleh siswa.