IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD SWASTA SEKECAMATAN DUKUH PAKIS KOTA SURABAYA
Main Author: | Rico Susanto, 175900032 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/493/1/1.%20Halaman%20Depan.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/493/2/2.%20ABSTRAK.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/493/3/3.%20BAB%20I.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/493/4/8.%20Daftar%20Pustaka%20dan%20Lampiran.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/493/ |
Daftar Isi:
- Susanto, R. 2020. Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh PJOK Pada Masa Pandemi COVID-19 di SD Swasta SeKecamatan Dukuh Pakis Kota Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Dr. Luqmanul Hakim, S.Or.,M.Pd. Kata kunci: implementasi, pembelajaran PJOK, COVID-19 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran jarak jauh PJOK pada masa pandemic COVID-19 di SD Swasta Se-Kecamatan Dukuh Pakis Kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan one shot case study dengan satu kali pengumpulan data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pengumpulan datanya menggunakan kuisioner yang dilakukan secara online. Penelitian ini menggunakan kuesioner melalui link google form yang dishare melalui whatsapp dan kemudian dianalisis menggunakan microsoft excel dan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru PJOK SD Swasta se-Kecamatan Dukuh Pakis (100%) tetap memberikan pembelajaran PJOK, 83,3% guru menggunakan metode pembelajarnan daring, 66,7% pembelajaran sesuai dengan RPP namun tidak runtut, 58% guru menggunakan media pembelajaran yang bervariasi seperti zoom, ms teams, kombinasi whatsapp group dan classroom serta schoology, 100% peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran, untuk memperjelas pembelajaran ada 83,3% guru menggunakan tutorial melalui video atau power point, 50% guru mengatakan dalam implementasinya hanya sebagian pembelajaran yang sesuai dengan RPP, 100% penilaian peserta didik berdasarkan pengumpulan tugas dan ujian, 58,3% guru mengatakan bahwa penilaian pada pembelajaran jarak jauh tidak efektif, da 66,7% vi kendala dalam pembelajaran PJOK jarak jauh yaitu kesulitan dalam mengakses internet. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran PJOK pada masa pandemic COVID-19 di SD Swasta Se-Kecamatan Dukuh Pakis Kota Surabaya tetap dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajarnan daring yang sesuai dengan RPP namun tidak runtut, dan guru menggunakan media pembelajaran yang bervariasi seperti zoom, ms teams, kombinasi whatsapp group dan classroom serta schoology serta untuk memperjelas pembelajaran PJOK guru menggunakan tutorial melalui video atau power point sehingga peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran, penilaian peserta didik berdasarkan pengumpulan tugas dan ujian dan kendala yang ditemukan adalah kesulitan dalam mengakses internet sehingga penilaian pada pembelajaran jarak jauh berjalan tidak efektif.