PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUKTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KRIAN
Main Author: | Ahmad Murobitho, 155000068 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/403/1/1.%20Halaman%20Depan.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/403/2/2.%20Abstrak.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/403/3/3.%20BAB%20I.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/403/4/8.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20DAN%20LAMPIRAN.pdf https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/403/ |
Daftar Isi:
- Muribitho, Ahmad. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi Restructuring Cognitive dalam Konseling Kelompok Terhadap Percaya Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Krian. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Dra. Kusbandiami, M.Pd Kata kunci: Teknik Restructuring Cognitive, Konseling Kelompok, Percaya Diri. Percaya diri merupakan keyakinan individu atas diri sendiri yang meliputi berbagai aspek, yaitu keyakinan atas kemampuan diri, berfikir rasional, realistis, optimis, dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan teknik restructuring cognitive dalam Konseling Kelompok terhadap percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Krian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Krian. Sampel dilakukan dengan purposive sampling untuk mengambil satu kelas yaitu berjumlah 35 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan rancangan one group pre test post test. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah teknik Restructuring Cognitive dalam konseling kelompok. Instrumen yang digunakan juga telah diuji cobakan menggunakan spss for windows versi 1.6 dengan tingkat ke valid an sebesar 0,344 dapat dinyatakan valid. Dari populasi 35 siswa telah didapat menjadi 5 orang siswa Dalam uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara teknik restructuring cognitive dalam konseling kelompok terhadap percaya diri. yang telah diujikan melalui uji wilcoxon. Dari hasil uji wilcoxon dapat diketahui bahwa Z (-2.033) dengan Asymp. Sig (2- tailed) bernilai 0,042 dimana 0,042 ≤ 0,05 (taraf signifikan), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho di tolak yang artinya adanya perbedaan antara pre-test dan post-test strategi restructuring cognitive dalam konseling kelompok, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan “penggunaan strategi restructuring cognitif dalam konseling kelompok terhadap percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Krian”.