Daftar Isi:
  • Ningsih, Dianita Wahyu. Pengaruh Penggunaan Teknik Relaksasi dalam Konseling Kelompok Terhadap Penurunan Stres Belajar Siswa SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya: Boy Soedarmadji, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Teknik Relaksasi, Konseling Kelompok, Stres Belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menurunkan stres belajar siswa dan tujuan penelitian ini adalah “Pengaruh Penggunaan Teknik Relaksasi dalam Konseling Kelompok Terhadap Penurunan Stres Belajar Siswa Kelas IX SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo.” Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX. Sampel dilakukan dengan menguunakan purposive sampling untuk mengambil kelas IX B dan IX F berjumlah 56 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan rancangan one group pre test post test design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Teknik Relaksasi dalam konseling kelompok. Instrumen yang digunakan juga telah diuji cobakan menggunakan spss for windows versi 16.0 dengan tingkat ke valid an sebesar 0,279 dapat dinyatakan valid. Dari populasi berjumlah 56 siswa. maka telah diperoleh siswa yang mengalami stres yang tinggi berjumlah 6 orang siswa. Dalam uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan pada teknik relaksasi dalam konseling kelompok terhadap penurunan stres belajar siswa yang telah diujikan melalui uji wilcoxon dapat diketahui Z (-2.201) dengan Asymp. Sig (2-tailed) bernilai .028 dimana .028 ≤ 0,05 (taraf signifikan), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho di tolak yang artinya adanya perbedaan antara pre-test dan post-test teknik relaksasi dalam konseling kelompok, sehingga dapat mempengaruhi dengan signifikan “penggunaan teknik relaksasi dalam konseling kelompok terhadap penurunan stres belajar siswa kelas IX SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo.”