Daftar Isi:
  • Fauzanin, Amalia. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi Role Playing dalam Konseling Kelompok Terhadap Penurunan Perilaku Bullying Siswa Kelas XI SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Boy Soedarmadji, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Teknik Role Playing, Konseling Kelompok, perilaku Bullying. Penelitian ini memiki tujuan untuk menurunkan perilaku bullying pada siswa dan tujuan penelitian ini adalah “ pengaruh penggunaan teknik role playing dalam Konseling Kelompok terhadap penurunan perilaku bullying siswa kelas XI SMA Hang Tuah 4 Surabaya”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS. Sampel dilakukan dengan purposive sampling untuk mengambil satu kelas yaitu XI IPS 1 berjumlah 34 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan rancangan one group pre test post test. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah teknik role playing dalam konseling kelompok. Instrumen yang digunakan juga telah diuji cobakan menggunakan spss for windows versi 16.0 dengan tingkat ke valid an sebesar 0.254 dapat dinyatakan valid. Dari populasi 34 siswa telah didapat menjadi 4 orang siswa. Dalam uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara teknik role playing dalam konseling kelompok terhadap penurunan perilaku bullying siswa. yang telah diujikan melalui uji wilcoxon. Dari hasil uji wilcoxon dapat diketahui bahwa Z (-2.023) dengan Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,043 dimana 0,043 ≤ 0,05 (taraf signifikan), maka dapat disimpulkan bahwa Hi diterima dan Ho di tolak yang artinya adanya perbedaan antara pre-test dan post-test strategi role playing dalam konseling kelompok, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan “penggunaan strategi role playing dalam konseling kelompok terhadap perilaku bullying siswa kelas XI SMA Hang Tuah 4 Surabaya”.