Pengaruh Modifikasi Pembelajaran Menggunakan Media Kardus Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri Sidomukti Iii Bojonegoro

Main Author: Aryaningtyas, Dwi Retno, 175900102
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/397/1/1.%20Halaman%20Depan.pdf
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/397/2/2.%20ABSTRAK.pdf
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/397/3/3.%20BAB%20I.pdf
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/397/4/8.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20dan%20Lampiran.pdf
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/397/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Modifikasi Pembelajaran Menggunakan Media Kardus Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Sidomukti III Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang difokuskan “Two Groups Pretest Posttest Design”, yaitu desain penelitian yang terdapat Pre-test sebelum diberi perlakuan dan Posttest setelah diberi perlakuan. Penelitian menggunakan metode analisis data statistik dengan rumusan yang digunakan adalah T test. Berdasarkan penelitihan ini dapat menyatakan bahwa dari kedua kelompok tersebut telah diperoleh hasil perbedaan peningkatan hasil belajar keterampilan lompat jauh gaya jongkok melalui modifikasi pembelajaran menggunakan media kardus. Apabila membandingkan jumlah keseluruhan beda dari masingmasing kelompok tersebut, maka diperoleh jumlah rata-rata keseluruhan beda kelompok latihan menggunakan modifikasi (kelompok eksperimen) rata-rata pretest sebesar 1,850, dan rata-rata posttest sebesar 2,70 dan nilai thitung pada kelompok eksperimen 5,075 dan nilai probabiltas 0,000,, artinya ada perbedaan sebelum dan sesudah pemberian pelatihan modifikasi pembelajaran menggunakan media kardus terhadap keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada kelompok eksperimen.