PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUKTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TAMAN

Main Author: LUFFI FIRANTI, 155000055
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/394/1/1.%20HALAMAN%20DEPAN%20.pdf
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/394/2/2.%20ABSTRAK.pdf
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/394/3/3.%20BAB%20I.pdf
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/394/4/8.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20%26%20LAMPIRAN%20.pdf
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/394/
Daftar Isi:
  • Firanti, Luffi. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi Restrukturing Kognitif dalam Konseling Kelompok Terhadap Kecemasan Menghadapi Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Taman. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Drs. H. Sutijono, M.M.. Kata Kunci: Restrukturing Kognitif, Konseling Kelompok, Kecemasan Menghadapi Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Kecemasan menghadapi ujian akhir semester mata pelajaran bahasa inggris yaitu keadaan emosi yang normal pada manusia yang muncul sebuah perasaan tegang dalam menghadapi situasi kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kemajuan belajar bahasa inggris yang dilaksanakan pada akhir semester. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian PreEksperimental One Group Pretest-Postets Design. Populasi yang diambil adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Taman yang berjumlah 267 siswa, dari populasi itu diambil sampel penelitian 6 orang siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sample, pemilih sample ini dipilih berdasarkan pada hasil skor kecemasan menghadapi ujian akhir semester mata pelajaran bahasa inggris siswa yang sangat tinggi melalui pengisian skala pengukuran kecemasan menghadapi ujian akhir semester mata pelajaran bahasa inggris. Metode pengumpulan data menggunakan skala pengukuran yang telah dilakukan uji validitas butir dan uji reliabilitas Alpha Cronbach. Hasil uji validitas butir skala pengukuran kecemasan menghadapi ujian akhir semester mata pelajaran bahasa inggris. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon perhitungan diperoleh Asymp. Sig = 0,028. Perbandingan Asymp. Sig = 0,028 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Strategi Restrukturing kognitif dalam konseling kelompok untuk menurunkan kecemasan menghadapi ujian akhir semester mata pelajaran bahasa inggris