Daftar Isi:
  • Anun, Rosalia. 2019. Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Kelompok A TK Amanda Cipta Menanggal II Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Adibuana Surabaya. Pembimbing: Isabella Hasiana, S.Psi.,M.Psi. Kata Kunci: Kegiatan Kolase, Kemampuan Mengenal Warna Penelitian ini dilatarbelakangi ‘’Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kemampuan Mengenal Warna.’’Dalam hal ini untuk mengembangkan kemampuan mengenal warna pada anak maka sangat dibutuhkan pembelajaran yang menarik Seperti kegiatan kolase, karena dengan menggunakan kegiatan kolase anak dapat mengenal warna. Mengenal warna merupakan salah satu indikator kolase yang termasuk dalam bidang pengembangan kognitif. Mengenal warna pada anak dapat, membentuk struktur kognitif anak, dalam proses pembelajaran anak akan dikenalkan pada bagaimana warna dibentuk. Anak akan memperoleh informasi lebih banyak sehingga pengetahaun dan pemahaman akan lebih kaya dan lebih dalam. Dalam hal ini anak mengetahui warna secara konsep berdasarkan pengalaman belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kemapuan Mengenal Warna Pada Kelompok A TK Amanda Cipta Menanggal II Surabaya. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain desain penlitian one grup pretest posttest design sampel yang digujnakan dalam penelitian ini adalah 23 anak kelompok A TK Amanda Cipta Menanggal II Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dengan menggunakan perhitungan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil hitung uji t sig 0,007 < 0,05. Maka ada pengaruh antara kegiatan kolase dan kemampuan Mengenal warna Pada Kelompok A di TK Amanda Cipta Menanggal II Surabaya.