Daftar Isi:
  • Febian Fitrah Lighafur Nanda dan Djoko Adi Walujo Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Febianescalade@gmail.com Dalam menjalankan usaha harus mampu konsisten dan bisa memperoleh keuntungan besar, karena keuntungan merupakan tujuan akhir dalam kegiatan usaha, di era saat ini persaingan yang sangat ketat termasuk di kalangan UMKM, masyarakat harus mampu mengontrol laju perkembangan UMKM pada masa saat ini, seperti usaha kafe untuk sekarang ini, persaingan yang ketat membuat usaha kafe harus bisa memberi inovasi baru terhadap kafe yang sedang dijalankannya, akhir-akhir bulan ini kafe sedang mengalami penurunan konsumen oleh karena itu agar tidak semakin mengalami kerugian besar hal tersebut harus segera dicegah dengan cara mencari strategi usaha untuk meningkatkan penjualan di kafe nosty melalui analisis faktor eksternal dan internal, kemudian melakukan pengambilan keputusan untuk menunjukan alternatif strategi mana yang terbaik menggunakan metode QSPM, Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan keadaan sebenarnya yang terjadi di kafe nosty dengan melakukan observasi, wawancara, dan memberikan pertanyaan menggunakan kuesioner kepada pelanggan di kafe nosty sidoarjo, dengan hasil perhitungan QSPM terdapat dua strategi alternatif yang dapat digunakam Kafe Nosty untuk peningkatan penjualan dengan lebih meningkatkan kualitas produk serta harga khususnya dalam hal inovasi terhadap menu yang banyak di keluhkan konsumen Kafe Nosty dalam pengambilan data melalui wawancara langsung. Kata Kunci : UMKM, QSPM, strategi pengembangan