PENGARUH PLAY THERAPY DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SOSIO EMOSIONAL SISWA SMP HANG TUAH 1 SURABAYA DI MASA PANDEMI COVID-19

Main Author: Kholifatul Dwinur Kholisah, 175000011
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1006/1/1.%20Halaman%20Depan.pdf
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1006/2/2.%20Abstrak.pdf
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1006/3/3.%20BAB%201.pdf
https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1006/
Daftar Isi:
  • Kholisah, Dwinur, Kholifatul. 2021. Pengaruh Play Therapy dengan Media Boneka Tangan dalam Bimbingan Kelompok terhadap Sosio Emosional Siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: (1) Drs. H. Sutijono, M.M. Pembimbing (2) Dimas Ardika, M, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci: Play Therapy, Boneka Tangan, Bimbingan Kelompok, Sosio Emosional Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh play therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan kelompok terhadap sosio emosional siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya di masa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian PraEksperimen One Group Pre-Test Post-Test Design. Subjek penelitian sebanyak 5 siswa yang memiliki sosio emosional yang rendah. Pengujian hipotesis yang digunakan oleh peneliti yaitu Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan rata-rata skor sosio emosional siswa kelas VIII F SMP Hang Tuah 1 Surabaya dari nilai mean pre-test 76,80 menjadi nilai mean post-test 96,60 artinya play therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan kelompok berpengaruh terhadap sosio emosional siswa (Asymp. Sig = 0,043; Asymp. Sig = 0,043 < α = 0,05). Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan play therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan kelompok ada pengaruh terhadap meningkatkan sosio emosional siswa.