Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Pembelajaran PPKn Pada Sekolah Menengah Atas Di Kota Semarang

Main Author: Wahono, Margi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tanjungpura , 2020
Online Access: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPPKn/article/view/40655
https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPPKn/article/view/40655/75676586091
Daftar Isi:
  • Penilaian yang dilaksanakan oleh guru digunakan untuk memantau proses, kemajuan belajar dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkelanjutan yang digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru tentang penerapan penilaian kurikulum 2013, mendeskripsikan permasalahan guru dalam penerapan penilaian kurikulum 2013, kendala-kendala guru serta upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan penerapan penilaian kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Atas di Kota semarang. Jenis peneltian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Penelitian menunjukkan pada jenjang Sekolah Menengah Atas Di Semarang dalam pembelajaran PPKn telah melaksanakan penilaian autentik. Penilaian autentik ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan afektif siswa sehingga siswa tidak hanya unggul dalam bidang kognitif saja. Namun, dalam pelaksanaanya penilaian autentik mengalami beberapa hambatan seperti karakter siswa dalam setiap kelas berbeda-beda, alokasi waktu yang terbatas, dan temuan dilapangan adalah guru merasa kurang memahami pelaksanaan penilaian autentik karena minimnya sosialisasi dan pelatihan mengenai penilaian autentik. Penulis memberikan rekomendasi khususnya pada guru agar lebih mengoptimalkan penerapan penilaian autentik dalam penilaian pembelajaran PPKn.