EKONOMI KREATIF DAN PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
Main Authors: | Muhartini, Nanik Sri, Wahjoedi, Wahjoedi, Sunaryanto, Sunaryanto |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ncee/article/view/824 http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ncee/article/view/824/504 |
Daftar Isi:
- Pendidikan dengan memahami dan menghafal perlu diimbangi dengan pembelajaran pengembangan kreativitas. Seseorang dapat mengolah dan memaksimalkan potensi kreativitasnya melalui pengalaman nyata dan interaksi sosial. Pembelajaran yang diharapkan dapat memberi pengalaman peserta didik dalam menciptakan ide dan menghasilkan produk berupa barang atau jasa kreatif yang bernilai ekonomi dan layak jual. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya ekonomi kreatif dan pembelajarannya di SMA. Melalui studi literatur, pembelajaran ekonomi kreatif memiliki banyak manfaat dan perlu diajarkan di SMA. Pembelajarannya melalui praktek secara langsung dengan cara peserta didik aktif di sektor ekonomi kreatif. Praktek/penerapan ekonomi kreatif di SMA sangat mungkin dilakukan berdasarkan metodologi pendidikan ekonomi kreatif. Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan penelitian lebih lanjut tentang proses pembelajaran ekonomi kreatif di SMA sebagai gambaran secara teknis pelaksanaan pembelajarannya sehingga dapat dijadikan contoh penerapan pembelajaran ekonomi kreatif di sekolah lain dengan kondisi yang hampir sama.