MENUMBUHKAN GENERASI BERFIKIR KRITIS YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN
Main Authors: | Sholihah, Mar’atus, Utaya, sugeng, Susilo, Singgih |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ncee/article/view/763 http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ncee/article/view/763/444 |
Daftar Isi:
- Kemampuan berfikir kritis yang berwawasan lingkungan pada pembelajaran geografi sangat penting dimiliki siswa. Kemampuan berpikir kritis penting dimiliki agar mereka mampu memecahkan masalah dan mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan kebenaran ilmiah. Mereka akan peka dalam menghadapi berbagai persoalan, mampu menyelesaikannya dengan tepat, dan mampu mengaplikasikan materi pembelajaran. Strategi untuk menumbuhkan generasi berfikir kritis yang berwawasan lingkungan maka pembelajaran geografi seharusnya memberdayakan kemampuan berpikirnya dalam bidang lingkungan. Berbagai model dapat diaplikasikan, satu diantaranya adalah dengan model Pembelajaran Experiential Learning. Artikel ini diharapkan memberikan informasi tentang manfaat model Experiential Learning dalam pembelajaran geografi agar dapat menumbuhkan berfikir kritis yang berwawasan lingkungan