EFEKTIFITAS PROSES INTERNALISASI PERILAKU KONSUMSI RAMAH LINGKUNGAN MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER TERPADU
Main Authors: | Widyastuti, Ery, Wahjoedi, Wahjoedi, Sunaryanto, Sunaryanto |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ncee/article/view/736 http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ncee/article/view/736/417 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian kualitatif ini untuk mengukur dan mengetahui efektifitas proses internalisasi dengan pendidikan karakter terpadu melalui proses pembelajaran dalam mapel ekonomi, manajemen sekolah dan ekstrakurikuler dalam mempengaruhi perilaku konsumsi siswa yang ramah lingkungan. Penelitian ini diambil pada sekolah yang sudah berstatus Adiwiyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pemantapan materi ekonomi dan metode serta model pembelajaran yang tepat bisa mempengaruhi internalisasi perilaku konsumsi yang ramah lingkungan pada siswa. Selain itu, pendidikan karakter yang dibuat oleh sekolah melalui kebijakan manajemen sekolah dan ekstrakurikuler bisa mengaktualiasasikan perilaku konsumsi siswa yang ramah lingkungan secara berkelanjutan. Bahkan ada faktor lain yang ditemukan dalam penelitian ini, yaitu faktor keteladanan dari para guru dan warga sekolah lainnya yang bisa membantu masuknya proses internalisasi perilaku konsumsi siswa yang ramah lingkungan.