Strategi Untuk Meningkatkan Kompetitif Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Rantau Prapat Selama Masa Pandemi Covid-19
Main Author: | Chairia, Chairia |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE)
, 2022
|
Online Access: |
http://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/view/2340 http://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/view/2340/1438 |
Daftar Isi:
- Salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19 adalah sektor ekonomi karena kerawanan sosial membuat posisi ketahanan ekonomi mengalami guncangan. Banyak UMKM yang mengalami penurunan pendapatan sehingga dampaknya banyak pengurangan karyawan bahkan berhenti beroperasi.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis approach). Tujuan dari studi kualitatif adalah untuk mencapai pemahaman yang mendalam tentang strategi para pelaku UMKM selama COVID-19 di Rantau Prapat.Maka kesimpulan penelitian ini adalah pemasaran kewirausahaan diperlukan untuk mengatasi ketidakpastian yang meningkat dan sumber daya yang terbatas dan orientasi organisasi dengan tujuh dimensi yang mendasarinya: proaktif, fokus peluang, pengambilan risiko yang diperhitungkan, inovasi, intensitas pelanggan, peningkatan sumber daya, dan penciptaan nilai. Pemasaran kewirausahaan bersifat situasional, Dalam memecahkan masalah pemasaran UKM, diperlukan metode dan strategi pemasaran yang tepat. Sebuah pendekatan saat ini muncul dalam penerapan pemasaran produk oleh usaha kecil dan menengah adalah pemasaran kewirausahaan. Pemasaran kewirausahaan adalah sebuah konsep pendekatan yang lebih tepat dalam hal keterbatasan sumber daya dan masalah yang sering terjadi di kalangan UMKM.