Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Negatif Melalui Metode Tutor Sebaya Kelas VI SD Negeri Batubantar Kecamatan Cimanuk Tahun Pelajaran 2019-2020 (Penelitian Tindakan Kelas)
Main Author: | Handayani, Ida |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Metakognisi
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal-stkip.babunnajah.ac.id/index.php/metakognisi/article/view/33 https://jurnal-stkip.babunnajah.ac.id/index.php/metakognisi/article/view/33/33 |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian yaitu 32 siswa kelas VI SD Negeri Batubantar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi terhadap guru dan siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru, siswa serta tes tertulis. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode tutor sebaya dalam pembelajaran matematika materi bilangan bulat negative dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan terlihat dari hasil yang diperoleh siswa selama tindakan. Pada pra siklus terdapat 15 siswa atau 46.87% siswa yang memperoleh nilai≥70. Pada siklus I terdapat 23 siswa atau 71.87% siswa yang memperoleh nilai ≥70. Dilakukan perbaikan dari siklus I untuk diterapkan pada siklus II. Pada siklus II terdapat 32 siswa atau 100% siswa yang memperoleh nilai ≥70. Rata-rata nilai hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu 76.6 pada siklus I menjadi 87.5 pada siklus II.