PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI LAJU REAKSI MELALUI MODEL STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS XI IPA MAN 1 KOTA TANGERANG SELATAN TAHUN 2019
Main Author: | Indaharini, Susi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Metakognisi
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal-stkip.babunnajah.ac.id/index.php/metakognisi/article/view/25 https://jurnal-stkip.babunnajah.ac.id/index.php/metakognisi/article/view/25/23 |
Daftar Isi:
- Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1 MAN 1 Kota Tangerang Selatan yang berjumlah 33 orang, 14 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dibagi dalam dua tahap, yaitu tahap pra siklus dan siklus. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 3 pertemuan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam hal ini adalah penguasaan konsep pada mata pelajaran kimia di kelas XI IPA MAN 1 Kota Tangerang Selatan. Terlihat dari hasil siklus 1 ketuntasan 33,33 % naik menjadi 76 % pada siklus 2, begitu juga nilai hasil rata-rata siklus1 62,54 meningkat menjadi 78,42 pada siklus2 dari kedua siklus yang dilaksanakan diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Laju Reaksi., secara statistik dapat mencapai syarat ketuntasan belajar.