UPAYA PENINGKATAN TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA KELAS XII IPA 6 DI SMAN 3 PANDEGLANG TAHUN 2019
Main Author: | Rahmawati, Sri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Metakognisi
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal-stkip.babunnajah.ac.id/index.php/metakognisi/article/view/22 https://jurnal-stkip.babunnajah.ac.id/index.php/metakognisi/article/view/22/21 |
Daftar Isi:
- Dalam dunia pendidikan, kita banyak mengenal berbagai macam ragam metode pengajaran, salah satunya metode sosiodarma dan bermain peran. Untuk mencapai tujuan pendidikan guru dituntut menguasai metode-metode pengajaran, sehingga selain tercapainya tujuan, siswa dapat menerima, mencerna, paham dan mengerti pelajaran yang di ajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan teknik bermain peran terhadap kemampuan berbicara siswa yang dilakukan dalam dua siklus dengan proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus 1 pencapaian nilai tertinggi dan rata rata nilai belajar siswa adalah 75 dan pada siklus II adalah 94 mengalami peningkatan dibanding dengan kondisi prasiklus. Namun dari hasil yang dicapai belum mencapai hasil yang diharapkan karena 27 siswa masih memperoleh nilai dibawah KKM. Sehingga dari hasil refleksi harus diadakan beberapa perbaikan pada siklus II dengan cara meningkatkan metode bermain peran dengan pembagian kelompok drama dimana masing masing siswa bermain sesuai dengan tokoh, karakter masing masing dalam cerita tersebut sehingga hasil yang diperoleh mengalami peningkatan yaitu rata rata nilai tertinggi 84 pada prasiklus, nilai 90 pada siklus 1 dan menjadi 94 pada siklus II. Sedangkan presentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 25,1 % atau 5 orang pada prasiklus. Pada siklus 1 ketuntasan belajar meningkat menjadi 65,1% atau 23 orang dan pada siklus II prosentase ketuntasan sebesar 95,4% atau 31 siswa. Dari hasil penelitian ini juga ada peningkatan kemampuan berbicara siswa dalam berdialog. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan metode bermain peran dalam pelajaran bahasa inggris dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bermain drama di kelas XII IPA6.